Cara Mudah Berbicara Bahasa Inggris


Cara Mudah Berbicara Bahasa Inggris
Cara Mudah Berbicara Bahasa Inggris – Banyak keluhan terkait dengan kesulitan untuk berbicara bahasa Inggris. Mereka yang mengeluh sebernarnya ada yang sampai sudah paham dan mengerti jika mereka mendengarkan orang lain yang sedang berbicara bahasa Inggris. Namun tetap saja mengalami kesulitan yang amat sangat ketika ingin menjawab pertanyaan tersebut. Bahkan ada yang mampu menulis kalimat dengan menggunakan bahasa Inggris, tetapi sangat berat untuk berucap atau berbicara bahasa Inggris. Berikut ini kami berbagi cara mudah agar dapat dengan mudah berbicara bahasa inggris.

Be confident! (percaya diri lah)

Syarat ini menjadi pertimbangan pertama dan utama, karena kebanyakan orang yang mengalami kesulitan untuk berbicara bahasa Inggris karena mereka tidak percaya diri. Mungkin saja karena takut salah, malu atau alasan lainnya. Hilangkan dan buang jauh-jauh perasaan itu. Tanamkan kepercayaan diri anda. Jangan takut salah. Jangan berpikir bahwa orang akan menghakimi anda karena kesalahan anda. Ingat, rasa takut salah akan terus menghambat anda untuk bisa berbicara bahasa inggris.

Learn grammar! (pelajari grammar)

Ada sebagian orang menganggap grammar itu tidak penting untuk berbicara bahasa inggris, akan tetapi menurut saya justru grammar sangatlah penting. Karena jika kita mempunyai kemampuan English grammar yang baik, maka kita mempunyai modal untuk merangkai kalimat dengan benar dan mudah. Tidak akan ada kebingungan dalam pikiran anda. Belilah buku English Grammar di toko buku atau online. Anda bisa juga belajar melalui internet karena begitu banyak penjelasan tentang English Grammar di dunia maya termasuk dalam blog ini. Ketika anda mengetahui satu topik dalam English Grammar, jangan lupa untuk berlatih baik itu dengan mengerjakan soal-soal latihan atau memberanikan diri menggunakannya dalam percakapan sederhana.

Use internet! (gunakan internet)

Gunakanlah internet untuk berlatih percakapan bahasa inggris. Jika anda bisa mengakses internet di rumah, maka ini menjadi nilai plus bagi Anda. Manfaatkan fasilitas itu. Banyak tempat chatting yang bisa anda manfaatkan, misalnya Skype, Yahoo messenger, dll. Gunakan sarana tersebut untuk latihan. Anda beruntung jika bisa mendapatkan teman yang baik di dunia maya yang bersedia menjadi teman anda latihan berbicara bahasa Inggris. Anda bisa berteman dengan saya melalui facebook atau google+ atas nama La Ode Sidratullah.

It’s not instant for speaking English fluently 
(tidaklah instan untuk lancar berbicara bahasa inggris)

Untuk dapat fasih berbicara bahasa Inggris itu tidaklah instant. Waktu 1 bulan atau 2 bulan tidaklah cukup untuk memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik. Jangan berputus asa untuk belajar. Gunakan sarana yang anda miliki semaksimal mungkin untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris Anda.

Listening and reading everyday! (mendengar dan membaca setiap hari)

Sering-seringlah membaca bacaan bahasa Inggris, mendengar materi-materi audio berbahasa Inggris. Karena ini akan membantu anda baik itu listening dan kosa kata bahasa Inggris anda.

Speak alone! (berbicaralah sendiri)

Anda sulit menemukan lawan untuk latihan berbicara bahasa Inggris? Anda sulit untuk mendapatkan koneksi internet? Anda sulit mendapatkan English native speakers yang bisa anda jadikan teman untuk latihan berbicara bahasa Inggris? Solusinya adalah “speak alone!” berbicaralah sendiri. Walau hanya sedikit kalimat yang anda ucapkan pada saat anda sendiri, saya yakin itu sangat bermamfaat untuk anda. Minimal kosa kata yang anda punyai akan menjadi aktif dan tidak pasif.

Demikian enam cara mudah berbicara bahasa inggris. Tentu ada banyak cara untuk dapat berbicara bahasa inggris. Baca juga tips atau cara lain di blog ini seperti tips belajar grammar bahasa inggris.