Tips Belajar Grammar Bahasa Inggris


Tips Belajar Grammar Bahasa Inggris
Belajar Grammar Bahasa Inggris – Mempelajari grammar berarti belajar cara penyusunan kata yang memiliki wujud tertentu menjadi sebuah kalimat yang tepat. Atau dengan kata lainnya, Grammar dalam hal ini merupakan seperangkat aturan struktural yang mengatur komposisi klausa, frase dan kata-kata dalam bahasa alami yang diberikan. Istilah ini mengacu juga pada studi aturan tersebut, dan bidang ini meliputi morfologi, sintaksis, dan fonologi, sering dilengkapi dengan fonetik, pragmatik, dan semantik.

Belajar grammar bahasa Inggris tidaklah sulit, namun masih banyak saja yang menganggapnya rumit. Patut diketahui bahwa grammar adalah hal yang mutlak harus Anda kuasai dalam bahasa inggris, semua aspek dalam bahasa inggris memerlukan grammar yang baik, mulai dari reading, speaking, listening, dan writing. Jika Anda ingin mengerjakan soal-soal TOEFL, penguasaan grammar atau tatabahasa dalam bahasa inggris juga akan memudahkan anda.
Berikut kami berbagi metode atau tips belajar grammar bahasa Inggris agar dapat dengan mudah menguasainya.

Tips 1
Changing your habit (rubahlah kebiasaan anda)

Ubah kebiasaan untuk lebih mempelajari bahasa Inggris, seperti jika selama ini Anda mendengarkan musik bahasa indonesia, cobalah menggantinya dengan musik lagu yang berbahasa inggris. Atau kegemaran menonton film, gantilah dengan menonton film berbahasa inggris, aneka bacaan dan segala hal yang berhubungan dengan bahasa Inggris, menjadi kebiasaan yang mempermudah belajar grammar bahasa Inggris.

Tips 2
Begining with the simple things (awalilah dengan hal hal dasar)

Menguasai hal dasar sangat penting dan merupakan langkah awal dalam mulai belajar bahasa inggris. Hal dasar yang dimaksud disini misalnya menguasai Simple tense, verb,adverb,adjective, phrase,clause, dan hal hal dasar lainnya. Jika Anda memiliki dasar, pembelajaran berikutnya sudah mudah untuk dipelajari.

Tips 3
Practice! keep forward and don’t give up (praktek, terus menerus dan jangan menyerah)
 
Praktek sangat diperlukan dalam keterampilan berbahasa Inggris. Bila masih banyak yang salah, jangan menyerah. Yakinlah bila terus menerus praktek maka lama kelamaan mudah dalam penerapannya. Jangan lupa menghafal susunannya, agar mudah dalam penerapannya.

Tips 4
Look up a dictionary (membuka kamus)

Kamus dapat dipakai bila ada Anda menemukan kata yang masih kurang dimengerti. Milikilah kamus saku yang mudah anda bawa-bawa sehingga perbendaharaan kata-kata anda dapat terus ditambah.

Tips 5
Using technology (manfaatkan teknologi)

Kecanggihan teknologi perlu dimanfaatkan dan mengoptimalkan ponsel, komputer, laptop, ataupun smartphone kalian untuk dijadikan sarana belajar yang mudah, cepat dan tidak membosankan

Tips 6 
Begin to memorize tenses (mulailah menghafalkan tenses)

Mulai menghafal susunan tenses dengan bentuk kalimat positif, kita lupakan sejenak segala bentuk interrogative dan negatif agar bisa fokus pada bentuk positif ini. Dan mencoba membuat satu kalimat sederhana di selembar kertas.

Demikian tips belajar grammar bahasa inggris dengan mudah. Slow but sure, anda pun pasti bisa.