Cara Mudah Belajar Tenses Dari Dasar


Cara Mudah Belajar Tenses Dari Dasar
Cara Mudah Belajar Tenses Dari Dasar - Penjelasan berikut bertujuan dapat menjadi bekal awal dengan memahami tenses dari dasar. Tenses merupakan materi pokok dan penting dalam pembelajaran bahasa inggris yang harus dimengerti dan diaplikasikan baik dalam menulis (writing) maupun dalam berbicara (speaking).
Tenses dalam hal ini merupakan perubahan bentuk – bentuk kata kerja yang sesuai keterangan waktunya. Singkatnya, dalam setiap kalimat bahasa Inggris pasti mengandung tenses.

Sebagaimana disebutkan bahwa tenses merupakan berbagai perubahan bentuk kata kerja dan to be yang sesuai dengan keterangan waktu. Oleh karena itu, untuk dapat menguasai dasar-dasar tenses ini dengan baik, kita harus menguasai pula perubahan-perubahan bentuk kata kerja, yaitu kata kerja bentuk ke-1 (infinitive), kata kerja bentuk “ing”, kata kerja bentuk ke-2 dan kata kerja bentuk ke-3 (past participle).

Dalam bahasa Indonesia, kita tidak mengenal tenses, karena bentuk kata kerja dalam bahasa Indonesia tidak berubah walaupun keterangan waktunya berbeda-beda, misalnya:

  • Saya pergi ke kampus setiap hari.
  • Saya pergi ke kampus kemarin.
  • Saya pergi ke kampus besok.
Dari contoh diatas, dapat kita perhatikan dengan jelas bahwa kata kerja 'pergi' tidak mengalami perubahan walaupun keterangan waktunya berbeda-beda. Lain halnya dalam bahasa Inggris, setiap kata kerja akan mengalami perubahan-perubahan sesuai keterangan waktunya. Secara garis besar, bentuk waktu dalam bahasa inggris yang akan membedakan perubahan kata kerjanya yaitu kata kerja sekarang, kata kerja lampau, dan kata kerja di masa yang akan datang. Ketiga contoh kalimat bahasa Indonesia di atas jika dibuat dalam bahasa inggris sesuai grammarnya akan menjadi:
  • I go to campus every day.
  • I went to campus yesterday.
  • I will go to campus tomorrow.
Dari contoh kalimat tersebut, dapat dilihat bahwa kata kerja ‘pergi’ (go) mengalami perubahan bentuk sesuai dengan keterangan waktunya. Dalam bahasa Inggris sendiri terdapat 16 tenses yang populer sehingga kalimat “saya pergi ke kampus” dapat dibuat menjadi 16 kalimat karena dalam tata bahasa inggris terdapat 16 bentuk waktu yang berbeda-beda. Keenambelas tenses dalam bahasa inggris merupakan gabungan dari 5 (lima) dasar-dasar Tenses yang mutlak dikuasai agar dapat mahir dan berbicara bahasa Inggris dengan baik, yaitu :
  1. Simple Present Tense
  2. Present Continuous Tense
  3. Future Tense
  4. Simple Past Tense
  5. Present Perfect Tense
Gambaran dan contoh rinci kelima tenses tersebut diuraikan dalam artikel terpisah di blog ini pada label “grammar”. Demikian penjelasan singkat sebagai cara mudah belajar tenses dari dasar. Baca juga tips belajar grammar bahasa inggris untuk motivasi awal dalam belajar bahasa inggris.
Blog, Updated at: 3:48:00 AM